Kamis, Februari 28, 2008

duit n masa depan

akhir-akhir ini sering baca blog orang tentang invest n nabung buat masa depan...disitu dikasih tau pentingnya berpikir jauh kedepan tentang hal beginian...nasehat yang paling bagus yang gw dapet adalah:

muda jangan nyusahin ortu
tua jangan nyusahin anak

intinya mah emang harus mandiri n jangan jadi beban orang lain...terutama dalam hal finansial...

gw mulai mikirin hal beginian karena emang baru sekarang tu bisa ngalamin yang namanya "berdiri dengan kaki sendiri"...yup, baru kali ini gw bs make money n live with it without any supports from my parents...jadi PhD student bikin gw punya penghasilan yang lebih dari cukup...apalagi buat bujangan kayak gw...justru karena itu godaannya jd kuat bgt...pikirannya tu duit enaknya dibeliin apa yah...

pada dasarnya gw bukan tipe yang demen-demen amat ma belanja (i'm not a shopaholic!!!..hehehe)...gw beli sesuatu karena emang butuh...walo memang kadang beli kebutuhannya tu sok pengennya yang mahal...in my defence, kepuasan dalam beli sesuatu tu penting buat gw...kalo makanan, gw maunya ya yang ga cuma banyak, tapi juga enak...walo makan gw banyak, tapi prinsip dasar makan gw tu bukan buat kenyang. tapi buat puas...hehehe...trus kalo buat kebutuhan sandang laen...gw mikir mending mahal skalian trus puas n tahan lama...daripada murah n setengah puas...tetep, buat gw, gengsi tu ternyata a factor...

balik lagi ke soal invest n nabung...sebelum baca-baca tentang invest2an duit gitu...gw mang dah rencana bahwa kelar S3 gw harus punya tabungan 20000euro...itu berarti tiap bulan gw harus nyimpen minimal 500euro...itu terhitung ga berat sih...karena pada dasarnya menyisihkan 1000euro sebulan pun gw sanggup (bukan sombong loh...^_^)...500euro itu mungkin jadi standar minimal buat gw untuk wajib-harus-kudu-fardhu 'ain buat disimpen...sisanya ya optional...gw juga mau senang-senang disini, menikmati masa muda...halah...

tapi setelah baca-baca...kok ya sayang yah kalo hanya ditabung...karena pada dasarnya duit itu kalo berhasil dikumpulin kan jadi ga sedikit...sayang kalo didiemin aja ato hanya didepositoin...bunga deposito berapa sih...paling bagus juga 5%...dan itu ga bs nambah banyak...harusnya emang kalo mau bisa berkembang dengan cepat harus di invest...tapi bingung harus invest apa...gw ga ada pengalaman bisnis karena memang di keluarga gw tu kayaknya secara genetik dilahirkan sebagai pekerja...PNS banget dah...jadi bingung kalo musti nyari contoh seorang entrepreneur di keluarga...

nah hasil baca-baca blog itu ngasih ide ke gw buat invest di reksa dana...ada yang ga ngerti reksa dana???...ih kampungan banget sih...hare gene ga tau reksa dana...hehehe...padahal gw juga baru tau bbrp hari ini...dimulai lah pencarian buat gmn kalo mw beli reksa dana di netherland ini...langkah pertama tu, nyari dulu english term buat reksa dana...hasil googling ngasih tau kalo reksa dana tu in english jadinya "mutual fund"...bnr ga sh?...tapi ya sud lah gw percaya aja...mulai nyari2 lah di google dengan kata kunci "mutual funds in netherland"...duh abis liat-liat itu ko gw jadi ga berani yah nyoba kayak ginian...terlalu beresiko...ga ada referensi cerita orang beli reksa dana di holland...jadi aja takut buat nyari-nayri lagi...

akhirnya nyoba nyari-nyari aja di situs ABN amro...kayaknya lebih trusted n aman...tapi nyari-nyari ko ga ada yah...adanya malah kayak bursa saham gitu...ga berani ah ma bursa saham mah...reksa dana aja takut, kumaha saham atuh...tapi hasil browsing situs ABN itu malah nemu aplikasi buat bikin rekening lagi...rekening yang ada bunganya ini mah...kemaren sih udh bikin yang kayak gitu...tapi ini mah kayaknya lebih gede bunganya...4,26% setahun...apply lah tu rekening n dapet saat itu juga...kepikiran kalo setahun bisa nyimpen 5000euro, bunganya bisa dapet 200euro-an...ko ttp kerasa kecil yah...hehehe...dasar manusia, ga pernah merasa puas...ttp aja dirasa kecil...tapi mang relatif kecil sih...200euro dalam setahun!!!...tapi mau gmn lagi...kayaknya for a start ini lumayan lah...

tapi ada satu hal yang bikin ganjel tu...ini teh riba...jadi aja asa-asa ga enak dapetnya...rencana awal sih kalo mang mau nabung, deposito, ato reksa dana, maunya yang syariah...biar berkah gitu duitnya...tapi nu syariah-syariah kitu kan di sini susah...musti di indo...sedangkan gw baru ke indo lagi agustus ini...masih lama...sekarang puguh semangat nabung n investna...jadi mungkin kalo mw mindahin semua aset (halah...sok2 ngomong aset...hihihi) ke yang syariah-syariah dipindahinnya agustus ini paling cepet...sekarang mah nyobain yang ada dulu deh...musti banyak-banyak istigfar emang idup diblande...kalo perlu mah banyak-banyak syahadat malah...huekekeke...




2 komentar:

Anonim mengatakan...

Blognya bagus. Soalnya gayanya terbuka.

Tapi ngomong-ngomong, Riba itu maksudnya apa di sistem perbankan Syariah?

theswanrose mengatakan...

wuaaahh...patrick juga ikutan mampir toh...jadi malu...kekeke

riba tu bunga bank kang...mungkin lebih generalnya bunga pinjaman...dalam syariah islam itu hukumnya haram ato dosa kalo makan riba

nah, sistem pemberian bunga tabungan ato deposito di bank konvensional kan pake sistem riba...jadi sebenernya itu tu gak sesuai dalam syariah islam...