Jumat, Mei 23, 2008

hasil suntuk di lab

baru sadar...ternyata bulan ini baru dua kali posting...udah mule nurun nih semangat nulisna...hmm...tapi emang sih, lagi ga mood nulis...tapi kali ini mencoba nulis sesuatu ah...karena emang lagi suntuk di lab...udah pengen wiken aja...hehehe...

jadi ceritanya minggu kemaren tu ikut training ESQ...alesan ikut karena lagi butuh suntikan motivasi aja ama pengen tobat...hehehe...tapi tampak tobatna cuma pas lagi training aja...lepas training mah teteup...but at least, gw bisa melihat hidup ini lebih optimis...cieeeh...

gw males cerita trainingna kos kumaha...yang pasti mah berurai air mata, sampe baru sadar kalo ternyata nangis juga bikin cape...005...ikut sendiri aja deh...dijamin seru...099

trainingnya sendiri diadakan di kota delft, kota sebelah selatan amsterdam...yang menarik ikut pelatihan ini tu bisa melihat komunitas masyarakat indo lain yang di luar groningen...baru sadar, ternyata komunitas indo di groningen itu relatip homogen, pelajar...dari bachelor, master, ampe PhD...yang berarti berada di belanda dalam rentang waktu tak terlalu lama antara 6 bulan ampe 4 ato 5 taun...jadi obrolan yang terjadi kalo baru ketemu orang indo di groningen tu kira-kira seperti ini:

A : udah berapa lama digron?
B : lumayan lama, ya sekitar 3 taun lah...


di sini bisa kita liat, 3 taun digroningen boleh dibilang udah lama...bandingkan dengan percakapan gw ma bapak-bapak yang tinggal di leiden *satu kota deket amsterdam juga*

gw : udah berapa lama pak di belanda?
bapak itu : ah saya mah belum lama tinggal di sini, baru 6 taun...


wew...ternyata ukuran lama-sebentar tu memang relatip...bapak itu wajar ngomong gitu...karena memang di komunitas masyarakat indo di kotanya, profesinya lumayan beragam...dan mungkin profesi pekerja di sana relatip lebih banyak...makanya dia merasa 6 taun tu ga seberapa mungkin dibanding kolega-koleganya...sebuah pengalaman baru aja ketemu berbagai orang indo di belanda yang bukan pelajar tapi kerja di sini...udah gitu mereka bahasa belandanya jago-jagi lagi...bandingin ma orang-orang indo di groningen yang jarang gape bahasa belandanya...karena emang mereka rata-rata di sini ikut kelas internasional...jadi aja males belajar bahasa londo...kagum lah ma mereka yang jago-jago bahasa belandanya...

satu lagi pengalaman menarik ikut ESQ ini...ternyata first impression orang ke gw tu kadang bikin gw kaget sendiri...hihihi...sebelumnya, pengen nanya dunk...

what exactly was your first impression of me???

harap yang baca posting ini jawab!!!

karena pertama kali kenal, semua orang di sana mengira gw ada keturunan jepang, cina, dan sebangsanya...ini sebenernya udah gw alamin semenjak dari indo sih...tapi lucu aja ketika ada seorang bapak pas ngobrol bilang ke gw kalo di youtube tu banyak lo video tentang cerita mualaf keturunan cina...gw pertamanya bengong...so what gitu???...oh ternyata dia berusaha bilang bahwa banyak loh yang dia kira sebangsa ma gw itu masuk islam juga...di situ gw langsung bilang..."pak, saya muslim dari lahir ko..."...dia langsung kaget...hihihi...

yang lebih ngagetin lagi, ketika ada orang indo di situ yang ngajak gw ngomong dutch...gw pun bengong...langsung gw jawab: "saya ga bisa bahasa belanda pak..."...bapak itu pun ketawa...dia bilang: "wah maaf...abis ade tampangnya kayak yang udah lama tinggal di belanda..."...heran??? ko bisa yah???...berarti tampang gw kayak bule dunk...suit..suit..huekekeke..mirip bule kok bangga...dasar mental inlander...023

satu lagi first impression yang kadang bikin gw mikir sendiri...berdasarkan tampang gw, mereka selalu ngira kalo gw masih 18..or at least baru nyampe 20...jadi pas gw bilang gw di belanda lagi S3, mereka kaget...wuih muda amat...jadi aja gw salah tingkah...malu tau...kesannya gw anak super jenius...padahal mah, tukang malu-maluin karena ga tau apa-apa kalo di lab...huhuhu...jadi buat orang yang baru liat gw, tolong yah...dirikuw ini kelahiran 84, walo emang tampang selalu awet muda *baca: abg 100*...jadi bisa itung sendiri umurnya...terus jadi PhD student in middle 20's tu bukan berarti orang tersebut pinter banget -for some cases, they really are smart to hell-...tapi untuk kasus gw, as humble as i can say, boleh dibilang faktor keberuntungan yang besar banget yang bisa mengantarkan gw ampe S3 di londo ini...ga ada yang bisa gw komentarin soal ini selain ucap syukur teramat sangat kepada yang Maha Pemberi Nikmat...Alhamdulillahhirobbil'alamin...

wuih...panjang juga posting ini...udah ah gw tutup saja...oh iyh, kutukan ga boleh jalan-jalan keluar belanda yang menimpa gw tampak masih berlanjut...bulan depan kayaknya ga jadi nih ke swissnya...selain tak ada teman, tiket kereta di swiss ternyata mahal pisan...masa harga tiket kereta kelas dua sekali jalan dari geneva ke zurich nyampe 50euro!!!...gile euy, swiss tu mahal banget...jadi aja ragu mau jalan-jalan...bingung...

minta doanya aja lah...bulan depan kebagian presentasi di grup besar nih...hasil sih udah ada...walo ga terlalu bagus...tapi pengen dapet sesuatu deh sebelum pulang ke indo ahir juli ini...

bismillah...

oh iyh, baru nemu emoticon lucu nih...101...lumayan bikin senyum...hehehe

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Insya 4JJ I bisa By.... apalagi bru bentar (alias dua bulan) udah ada hasil :D ayo...ayo.... semangat (sambil menyemangati diri sendiri juga ;)

Anonim mengatakan...

First impression gua. Nih anak kok teriak teriak melulu sih :))
Kalo masalah umur... gmn ya pertama ketemu kan memang masih abg, jadi nggak aneh kan kalo kelihatan masih abg. Soal mirip sama orang bule, gua ngerti perasaan lu bi. Pas gua ke jepang, gua dikasih surat bea cukai dalam bahasa jepang. Gua terus bilang ke pramugarinya, "mbak, versi inggrisnya nggak ada ya mbak? saya nggak bisa baca soalnya T_T." "Maaf pak, saya kira bapak orang jepang," kata pramugarinya.

Anonim mengatakan...

mang pas diliat sepintas mirip2 bule dikiiiit...
o ya mw nanya neh, mank dah S3 yak?? hwe..he gak nyangka bener d. gak salah tuh orang yang ngira msh abg or remaja akhir.
BeTeWe, quw jg dulu wktu msh eSDe mpe SMP dikirain anak org Cina(mgkn emng dulu mata quw rada2 ky cici2 sono)..wktu lg kln k pasar diliatin lah ama tuh cici, emak ma anak gak mirip gitu. But now, gak lagi lah dah latian ngebesarin mata neeh makanya gak sipit lagi.
tapi...beneran neh bkn ktrnn indo?
whatever lah ya Bersyukurlah atas apa yang engkau miliki meskipun manusia itu gak pernah mengenal kata PUAS.