Senin, Juni 16, 2008

kunjungan ke koln, jerman

yipee...ahirnya lewat juga tu jatah presentasi riset apdet...suenangnya bisa sedikit lega...jadi lebih tenang menyongsong sisa kerjaan sebelum pulang...ikut seneng juga ternyata blog hit blog ini sudah lebih dari 1000 hit!!!...muantab...huekeke...makasih untuk semua yang mau mampir...walo pada dasarnya gw yakin nilai 1000 itu berapa puluh persennya merupakan hit dari gw sendiri..hihihi...

duh udah ga sabar cerita nih tentang semingguan kemaren ikut semacam workweek ke cologne , jerman...semacam kunjungan gitu deh ke university of cologne ma sekalian ada symposium gitu...gw males cerita secara naratip...mending cerita point-point yang gw temuin sangat menarik selama perjalanan...

  • yang menyenangkan dari travelling di eropa emang jarak tempuh antar negara yang emang ga sejauh kalo di indo...cukup dengan naek bis selama kurang lebih 4 jam, kita udah nyampe kota koln *eng: cologne* which is bagian baratnya jerman...padahal groningen sendiri ada di bagian utara belanda...di indo 4 jam naek mobil dari tangerang paling baru nyampe sumedang, boro-boro nyampe papua nugini...huekeke...jalan tol di sini emang bagus dan di jerman bahkan beberapa jalan tolnya tidak memberlakukan speed limit...jadi sok gih mau secepet setan juga ga ada yang larang *walo secara praktek di indo mau secepet setan juga ga ada yang bakal nangkep, secara speed limit itu ga pernah diwaroh n polisinya juga jarang*...dan yang lebih penting, jalan tol di jerman n belanda itu gretong bo...secara gitu loh pajak di dua negri itu tinggi banget...
  • the germans know good food, at least compared to the tounge-less dutch...*no offense loh meneer, cuma jujur doank...hihihi*...makanan di jerman jauh lebih punya rasa dibanding di londo...nih beberapa potonya:
ini dinner di taco loco


ini lunch di kantin kampus university of cologne...bayangkan di RuG yang cuma jual roti n sup!!!

ini sup bawang, apetizer sebelum dinner
  • satu lagi budaya orang jerman yang gw baru tau n buat gw itu menarik banget adalah, they are not used to clapping hands, instead of clapping hands they just knock the table...lucu banget lah...jadi setelah seseorang tu selesai presentasi tu bukannya tepuk tangan yang didapet si presenter, tapi ketok meja lah yang didapet...gw pertama kali liat itu langsung bengong...n dengan mental orang terjajahnya langsung sok ikut-ikutan jadi orang jerman pas ada kesempatan tepuk meja berikutnya...hehehe...
  • seminggu bareng bule n tanpa orang indo yang ikut di rombongan *gara-gara mevrouw, yang katanya punya hobi nyari linge**e..hihihi, ini memutuskan untuk ga ikut*, bikin lidah rasanya keriting gara-gara musti ngomong english mulu...cape juga mikir musti ngomong apa...terus gw juga ahirnya melihat dengan mata kepala sendiri tradisi bule yang kalo tidur hanya bercelana dalam...duh gw jijik banget lah ngeliatnya karena kita tidur di kamar yang shared gitu...tapi entah kenapa gw malah bertanya-tanya, kalo bule cewe gitu juga ga yah??..hehehe...
  • di koln gw juga berkunjung ke museum coklat...isi museum ini bercerita tentang sejarah diketemukan n berkembangnya coklat ama sedikit gambaran tentang cara bekerjanya pabrik coklat...menurut gw, ceritanya khas orang jerman banget lah yang kalo ngasih data tentang sesuatu tu mang cukup detail...jadinya gw ngeh banget tu ma sejarah perkembangan coklat...jadi yah, coklat itu originally was from south america...trus mulai diimpor ma orang-orang spanyol ke eropa and secara di coklat hanya bisa tumbuh di daerah tropis, jadilah orang eropa itu mengekspor lagi tu coklat ke asia n afrika buat dibudidayakan...yang bikin bangga, Indonesia termasuk empat besar pengekspor biji kakao di dunia, walo emang bukan produsen produk coklat...huhuhu...di situ juga dikasih tau batas minimal kandungan kakao biar suatu produk boleh dinamakan coklat, yaitu cuma 10%!!!...jadi katanya, coklat-coklat yang kita beli di supermarket itu rata-rata cuma mengandung kakao 11%!!!...ya pada dasarnya peduli amat...secara kalo enak mah enak aja...dan fakta menarik lain tu, coklat pada awal perkembangannya tidak disajikan dengan dicampur dengan gula ataupun susu, tapi dengan cabe!!!...gw kaget banget...tapi ini bener banget, secara susu ma gula belum nyampe amerika selatan pada awal diketekmukannya coklat oleh orang spanyol...yang ada ya cabe...dan minum coklat itu enaknya dicampur dengan sesuatu, karena kalo cuma biji kakao doank bakal pait banget...hal menarik juga dikasih tau bahwa coklat itu jaman dulu hanya dikenal sebagai minuman, karena memang untuk membuat batangan seperti sekarang teknologinya belum ada...jadi perkembangan coklat dari minuman ampe jadi batangan tu dipengaruhi juga dengan diketemukannya susu bubuuk oleh nestle...gw lupa hubungannya apa, tapi perkembangan coklat batangan ma milk coklat juga dimulai setelah ditemukannya susu bubuk tea...cari sendiri gih hubunganna...hihihi...di pabrik itu juga ada yang namanya fountain coklat...yaitu kayak kolam kecil yang berisi coklat n di situ ada penjaganya yang bakal bagiin sejenis wafer yang dicelupin ke fountain coklat itu dengan cuma-cuma, alias gratis...gw ampe lima kali bulak-balik ke fountain itu demi wafer berlumerkan coklat yang enaknya ngalahin orgasme enak banget...huekeke...selepas tour ke museum itu langsung lah kita masuk ke toko coklat yang ada di museum itu...abis lah gw belanja coklat-coklat yang aneh...yang paling aneh tu coklat rasa mangga n cabe...udah kayak ngerujak aja tu coklat...selepas museum itu kayaknya gw langsung muak ngeliat coklat...pas orang bagi-bagi coklatnya di bis pun gw lasngsung nolak gara-gara kebanyakan nyium n makan coklat gratisan...hihihi...eh iyah, gw juga sempet ngerasain bijih kakao yang udah di panggang...rasanya ga gitu enak ternyata walo coklatnya kerasa banget *ya iya lah secara kakao 100%!!!*...nih poto bijih kakaona:


uhm...mungkin segitu aja deh cerita kunjungan ke koln-nya...hihihi...isi symposium yang merupakan agenda utama workweek ini sama sekali ga gw bahas...hehehe...abis ga seru...

lagi berduka nih, italia-ku terancam ga lolos dari grup maut...sebel...jadi ga semangat nonton euro-na...

1 komentar:

KYO mengatakan...

whuahhhhhhhhh cuennengnya.........
kalo q c gak khan bs lupa tuh ma exprnc...
o y ngmng2 soal cacao.....q mank maniakny...q udh nyicip bijinya cacao tuh..emang pait cuma kayanya berasa makan coklat bener dan terlebih lagi makan buahnya...wuihhh bener2 100% cacao d.
kapan ya q bs k Luar NEGri??
pengeeeeen d

idem atuh jadi krng smngt nonton euro...maklum neeh khan Juventini sow absolutly Italia bgt jg dunks...but, whateverlah...kalah menang y sama ajah, toh gw jg gak bakal d ksih ucpn thx oleh buffon...